Rabu, 11 Mei 2022

Kenyamanan Melalui Desain Kantor

 Saat ini, banyak organisasi berjuang untuk mengatasi masalah yang mencakup ketidakhadiran karyawan, peningkatan biaya perawatan kesehatan, penurunan produktivitas, dan retensi karyawan. Bisnis mencoba pendekatan yang berbeda untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah fokus pada desain interior kantor.

Kitchen Set Bekasi

Menurut berbagai penelitian, desain interior telah terbukti menjadi faktor penting yang memfasilitasi retensi karyawan, kepuasan karyawan, dan produktivitas karyawan. Oleh karena itu, organisasi semakin bekerja sama dengan perusahaan desain interior profesional untuk menawarkan lingkungan kantor yang menyenangkan, fungsional, dan nyaman kepada karyawan.


Sementara desain interior meningkatkan keseluruhan tampilan dan nuansa ruang kantor, desain interior juga harus memfasilitasi kenyamanan, kesehatan, dan produktivitas karyawan. Berikut adalah beberapa elemen yang perlu diperhatikan sebelum merancang lingkungan kerja yang nyaman dan sehat.


1) Pencahayaan:


Pencahayaan adalah salah satu elemen terpenting yang bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif. Ruang kerja harus dilengkapi dengan keseimbangan yang tepat antara pencahayaan alami dan buatan. Meskipun harus ada sumber pencahayaan alami yang memadai termasuk jendela, skylight, dan langit-langit, harus ada pengaturan yang dibuat untuk mengontrol silau, bayangan, dan sinar matahari berlebih melalui penggunaan louvered blinds. Pencahayaan yang buruk menyebabkan beberapa ketidaknyamanan bagi karyawan seperti kelelahan mata, sakit kepala, kelelahan dan penglihatan kabur, dll sehingga mempengaruhi kinerja. Oleh karena itu, tempat kerja harus dilengkapi dengan pencahayaan yang tepat yang memudahkan visibilitas dan meningkatkan produktivitas.


2) Kenyamanan Termal:


Kenyamanan manusia atau kenyamanan termal didefinisikan sebagai kepuasan karyawan dengan kondisi kerja. Ketidakpuasan karyawan sering terjadi ketika suhu di tempat kerja terlalu rendah atau terlalu tinggi. Sangat penting untuk memiliki kenyamanan termal yang tepat yang mencakup tingkat kelembaban dan kualitas udara yang baik untuk lingkungan kerja yang sehat dan santai. Selain itu, jika karyawan diberikan kontrol kenyamanan pribadi untuk menyesuaikan kondisi lingkungan mereka, mereka memiliki rasa kepuasan yang lebih tinggi.


3) Furnitur Ergonomis:


Karena karyawan menghabiskan jam kerja yang panjang dengan duduk di kursi mereka, penting untuk memiliki kursi ergonomis dengan sandaran punggung dan tulang belakang yang baik. Pilih furnitur ergonomis yang memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan dengan posisi tubuh yang berbeda, mendukung postur yang baik dan juga memiliki penyangga pinggang yang baik. Furnitur ergonomis membantu karyawan beradaptasi dengan tuntutan tugas yang berubah, sehingga meningkatkan konsentrasi dan produktivitas mereka.


4) Desain Biofilik:


Desain interior yang memungkinkan karyawan terhubung dengan dunia luar dari dalam lingkungan kantor membuat karyawan bahagia dan sehat. Elemen alam dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam kantor melalui berbagai cara. Ini termasuk menggunakan warna kantor, tekstur dan kain yang menyerupai alam, menghiasi dinding kantor dengan foto, karya seni atau lukisan alam dan menggunakan dinding kaca yang memaparkan karyawan pada keindahan pemandangan dunia luar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar